Jumat, 08 Oktober 2010

Rubik's Cube

Sudah lama gw udah nga ngurus ni blog lgi, kali ini gw pengen ngebahas tentang rubik's cube. Kebetulan gw juga seorang Cuber ( julukan orang yang suka bermain rubik ) sekarang ini pasti agan" sering ngeliat temen/orang" main rubik karna tahun ini lagi musim"nya yg namanya rubik, tapi agan” tau ga klo rubik itu udah di temukan pada tahun 1974 yang menemukanya ialah ERNO RUBIK, hmm pasti ortu agan dah pada tau ini rubik, sebuah rubik mempunyai 43.252.003.274.489.856.000 kombinasi posisi yang mungkin ada pada saat rubik di Scramble (biasa di bilang di acak-acak ). Padahal gan rubik yg sudah ter scramble kurang lebih 56 gerakan saja langsung Solve ( Sudah jadi/sempurna siakalanya ) bombastiskan gan. Tapi ada tapinya gan denga metode CFOP (Cross,F2L,OLL,PLL) yah lumayan susah sih gan ngapalin Algoritma ( Gerakan”nya/biasa di bilang Rumus-nya ) klo gw sih ngapalin ni algo ampe 3 bulan -.-“ itu juga blo smuanya gan msi stngah”.ya kurang lebih ada 78 algoritma ( 57 OLL + 21 PLL ) itu saja bru oll,pll blom cross sama f2l tpi yang dua ini bisa intuitif aja gan.

Sekarang gw akan meberitahu rubik yang bagus untuk di mainkan kita mulai dari :

2x2x2 –

Di 2x2x2 menurut saya yang terbaik dilihat dari kualitas,dan speed nya itu LAN-LAN

Rata-rata para cuber pro di indonesia menggunakan Lan-Lan pada saat kompetisi 2x2x2

Kebetulan saya juga menpunyai Lan-Lan :) PB (Personal Best) gw di 2x2x2 = 10.28s :)

3x3x3 –

Di 3x3x3 klo favorit gw si DaYan Guhong, (Karna gw Cuma punya itu doank)hha, kata para cuber indo Guhong memang bagus, ada juga yang bagus seperti gw urutkan :

  1. ZL Cube
  2. DaYan Guhon
  3. Haiyan Memory ( Alpha 5 yang di set sama Haiyan Zhuang )
  4. Edison
  5. Alpha-5 ( A5 )

Itu sih menurut saya gan, Back to the individual taste . Gw menggunaka guhong Pb gw di 3x3x3 = 22.88 :)

4x4x4 –

4x4x4 ya..hmm klo kata cuber indo 4x4x4 yang bagus sih Maru, sayangnya gw blom mencobanya --“

Tapi klo gw di 4x4x4 menggunakan sama sperti 2x2x2 tidak lain tidak bukan yaitu Lan-Lan

Ni gw urutkan :

  1. Maru
  2. QJ QJ(Qun Jia )
  3. Lan-Lan
Dengan Menggunakan Lan-Lan Pb gw di 4x4x4 = 2.47.34 :)

oya gan sampe lupa,klo mau tau algoritma"nya CFOP/Dasar bisa di lihat di :
Youtube atau juga bisa dari buku para senior" di indonesia salah satunya buku dari ,Abel Brata,Wicaksono Adi masih banyak lagi

Sekian dlu pembahasan tentang Rubik's Cube Gomen ya klo ada salah" Kata
Sayounara..wasalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda akan memperbaik blog saya :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...